Sabtu, 20 Desember 2014

Bagaimana Menganalisa Sebuah Franchise atau Peluang Bisnis ?

idea-analysis
Bagaimana Menganalisa Sebuah Franchise atau Peluang Bisnis ?

Apakah Anda berpikir tentang membeli sebuah peluang bisnis? Apakah Anda tahu jika bisnis ini bahkan layak?

Analisis kelayakan merupakan langkah penting sebelum membeli peluang bisnis atau waralaba. Sebagai pengusaha, Anda dapat sangat meningkatkan peluang Anda untuk sukses dengan menganalisis konsep bisnis, pasar Anda, industri dan pesaing Anda, dan struktur keuangan dan organisasi Anda. Apakah Anda berencana untuk memperluas bisnis yang sudah ada, memperoleh bisnis yang sudah ada, atau memulai bisnis baru, analisis kelayakan akan mengevaluasi ide bisnis untuk melihat apakah itu layak mengejar.

Gunakan checklist kental ini sebagai cara untuk mulai menilai apakah ide bisnis Anda akan sukses dan menguntungkan.

Identifikasi Kompetensi Inti Anda: khusus keterampilan, teknologi, proses, pengetahuan, keahlian, atau kemampuan yang unik untuk bisnis dan melakukan lebih baik daripada pesaing. Sebuah kompetensi inti mungkin:

    * Berharga - peluang pendapatan besar
    * Langka - tidak mudah ditemukan di bisnis lain
    * Non-disubstitusikan - itu tidak bisa digantikan oleh kemampuan Anda yang lain.
    * Mahal untuk meniru - itu akan menjadi mahal bagi pesaing Anda untuk mencoba untuk menduplikasi

Mengembangkan Konsep Test: suatu proses yang menunjukkan representasi atau proto-jenis produk atau jasa kepada calon pelanggan dengan tujuan untuk mengukur minat konsumen, keinginan, dan membeli niat.

     Mengidentifikasi target pasar awal dan survei setidaknya 25-30 orang tentang kebutuhan mereka dan bagaimana produk / jasa memberikan manfaat yang mereka cari.

Berdasarkan temuan Anda, Anda dapat bergerak maju atau cadangan dan mengevaluasi ide Anda.

Melakukan Pasar dan Industri Riset: Mendapatkan informasi tentang pasar saat ini dengan meneliti tren dan analisa kompetisi.

    1. Berapa ukuran estimasi pasar untuk produk / jasa Anda?
    2. Apa pangsa pasar proyeksi Anda?
    3. Adalah pasar saat ini yang menarik untuk produk / jasa Anda?
    4. Apakah ada prediksi untuk tren masa depan?
    5. Berdasarkan penelitian memperbaiki target pasar Anda

Melakukan Analisis Kelayakan Organisasi: menentukan apakah bisnis yang diusulkan memiliki keahlian manajemen yang memadai, kompetensi organisasi, dan sumber daya untuk menjadi sukses.

    *. Evaluasi Manajemen Keahlian - kemampuan pengusaha dan manajemen tim.
    *. Tentukan Tanggung Jawab - menentukan apakah tanggung jawab yang terlalu besar atau terlalu kecil bagi pengusaha. Apakah salah satu tugas perlu outsourcing?
    *. Mengevaluasi sumber daya non-keuangan - apakah ada kolam renang yang cukup tenaga kerja (kualitas dan kuantitas), ketersediaan ruang kantor, perlindungan untuk properti, paten, dll?
    *. Siapkan Analisis Kelayakan Finansial: mengevaluasi start-up dan kebutuhan modal lainnya, tingkat Anda diproyeksikan pengembalian, dan daya tarik keseluruhan investasi.
        1. Perkiraan Penjualan atas bulanan dan / atau tahunan - Jangan mengandalkan janji; konservatif; memperkirakan penjualan menggunakan metode yang berbeda dan membandingkan angka-angka (baik dalam unit dan dolar).
        2. Biaya perkiraan - Identifikasi baik biaya tetap dan biaya variabel.
        3. Perkiraan Break-even Point dan Profitabilitas

Setelah menyelesaikan analisis kelayakan finansial, berpikir tentang penghasilan pribadi Anda dan kebutuhan keuangan. Sebagai contoh, jika Anda memerlukan setidaknya Rp 30.000.000 per tahun untuk membuat Anda dan keluarga Anda stabil secara finansial, akan usaha baru dapat menyediakan Anda dengan Rp 30.000.000 keuntungan pada tahun pertama? Bahkan ide-ide bisnis terbaik sering membutuhkan beberapa tahun untuk lepas landas dan mencapai keuntungan yang diinginkan. Ini mungkin yang terbaik bagi Anda untuk memberikan waktu untuk bekerja sambil memulai bisnis atau menunda start-up sampai sumber daya yang cukup di tangan untuk memberikan sumber penghasilan.

Identifikasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman (SWOT Analysis) dari ide Anda:

     *Apa kekuatan dan kelemahan dari bisnis Anda atau bisnis potensial?
     *Siapa pesaing Anda dan apa kekuatan dan kelemahan mereka?
     *Apa keunggulan kompetitif Anda di atas pesaing Anda?

Jika peluang bisnis:

    > Memiliki kompetensi inti
    > Lulus uji konsep
    >Akan menjadi entri tepat waktu dan menarik ke pasar
    > Memiliki keunggulan kompetitif atas pesaing Anda
    >Apakah organisatoris kohesif
    >Dan layak secara finansial

Kemudian, dan hanya kemudian, adalah waktu untuk bergerak maju!


sumber : http://www.business-opportunities.biz/2014/12/11/analyze-business-opportunity/
editing : cityron's

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar