Sabtu, 20 Juli 2013

Ide Usaha Kecil – yang Baik dan Buruk


Ide Usaha Kecil – yang Baik dan Buruk

Ide untuk usaha kecil saja belumlah cukup. Anda harus memiliki ide yang bisa dijalankan. Dengan kata lain, Anda harus menambahkan sesuatu kedalam komunitas usaha kecil yang bisa dikerjakan. Untuk memahaminya, mari kita lihat dua contoh klasik ide bisnis. Yang satu adalah contoh yang baik sedang yang lain tidak meninggalkan jejak.

Adakah yang masih ingat mobil Edsel? Mobil ini tidak pernah menjadi pemenang. Nyatanya, dianggap sebagai "produk yang paling tidak memuaskan" dalam sejarah manufaktur mobil. Bahkan ditahap perencanaan, para penasehat sudah menyatakan ini bukanlah mobil yang menghasilkan bisnis yang besar dan menguntungkan. Secara umum, ada banyak kekurangan dalam desain mobil ini. Mobil yang besar, boros bensin di saat ekonomi yang sulit. Nama "Edsel" yang diberikanpun tidak mampu mendongkrak. Produk ini terseok-seok di pasar dan penjualannya buruk. Bukan merupakan produk yang bisa bertahan di pasar. Pada akhirnya, kerugian yang dihasilkan $400,000,000.

Sekarang, lihat contoh Federal Express yang merupakan salah satu contoh ide usaha kecil terbesar dalam sejarah. Tidak diragukan lagi, bukan hanya konsep saja yang jelas, tapi adanya permintaan yang besar terhadap konsep tersebut. Kantor Pos Negara tidak menyediakan pengiriman kilat. Semula konsep dianggap absurd dan tidak visible. Kemudian muncul Federal Express di tahun 1972. Perusahaan tidak hanya mengirimkan sesuai janji "Pasti tiba dalam sehari" bisa berlangsung dengan efektif dan murah. Sekali lagi ini adalah salah satu ide usaha kecil yang terbesar sepanjang masa. Terbukti, tidak menjadi usaha kecil dalam waktu yang lama. Dengan cepat FedEx tumbuh menjadi perusahaan jutaan dollar! Catatan yang paling menonjol ketika membandingkan kedua cerita perusahaan ini adalah perbedaan finansial mereka. Edsell gagal di pasar meskipun sudah disokong jutaan dollar oleh Ford Motor Company. Seperti yang sudah dijelaskan, Federal Express berasal dari ide usaha kecil. Diluncurkan oleh pengusaha kecil bernama Fred Smith. Smith tidak menjalankan Federal Express ataupun ide usaha kecilnya langsung menjadi perusahaan besar di tahun 1972. Beberapa hal memang mengejutkan, tapi seperti ide usaha kecil pada umumnya, pada awalnya Smith menjalankan FedEx dari rumahnya. Jadi, mengapa Smith bisa berhasil dengan sumber yang terbatas sedangkan Ford gagal? Bagaimana bisa ide usaha kecil Smith bisa mengalahkan kemampuan pemerintah dalam mengirimkan suerat ? Seperti kebanyakan ide usaha kecil yang baik, Smith menghasilkan model bisnis yang jelas dan berdasarkan kebutuhan. Dengan kata lain, ide usaha kecilnya memang masuk akal. Sebagai tambahan, adanya permintaan pasar yang tinggi atas ide usaha yang ditawarakannya. Dengan dua komponen yang dimilikinya ini, tidak mengherankan jika ide usaha Smith menuai sukses besar. Pelajaran yang bisa diambil dari sini adalah ide usaha harus jelas untuk dikerjakan. Jika tidak, ide usaha kecil tidak bisa bertahan di pasar yang kompetitif. Namun, jika ide tersebut visible, tidak diragukan lagi akan mencapai kesuksesan.

Tentu saja, semangat saja tidak bisa langsung memberikan kesuksesan. Perencanaan yang solid, strategi pemasaran, modal, dan investasi waktu memainkan peran yang penting agar usaha kecil mencapai kesuksesan. Namun, semua perencanaan, pemasaran, uang, dan tenaga tidak bisa membuat ide usaha yang tidak visible bisa berhasil. Ingat hal tersebut baik-baik ketika Anda melakukan brainstorm ide-ide Anda!

sumber : http://pengusahamuslim.com/ide-usaha-kecil--yang-baik-dan-buruk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar